Wow ! Tak Ada Gunung Berapi, Kalbar Punya Sumber Air Panas Bumi

SANGGAU – KPERS, Barangkali ini satu-satunya sumber air panas bumi alami yang ada di Kalimantan Barat, bersyukurlah Kalbar mempunyai suatu panorama yang sangat langka ini. Lokasinya berbentuk kolam ini diperkirakan ada hubungannya dengan gunung Bengkawan gunung berapi yang tidak aktif yang ada di daerah Kecamatan Jangkang, Kabupaten Sanggau dimana lebih dikenal dengan air panas Sipant Lotup.

Jaraknya dari gunung Bengkawan sekitar 25 Km, Kalau dari ibukota Kecamatan Jangkang yaitu Desa Balai Sebut sekitar  15 Km saja. Sementara, dari Sanggau berjarak sekitar 50 Km. Lokasinya tepat berada di Dusun Peruntan Desa Upe Kecamatan Jangkang.

Kondisi dan lingkungannya masih asri dikelilingi pepehonan terdapat juga pondok singgah yang di bangun warga setempat.  Juga kolam yang di bangun Pemerintah Daerah Sanggau yang sudah  tidak terawat lagi.

Sayang, lokasi wisata yang boleh dibilang langka kurang perhatian dari Pemerintah Daerah. Padahal Ini merupakan aset wisata yang unik dan mungkin satu-satunya yang ada di Kalimantan Barat. “Kita berharap ada perhatian serius yang lebih sinergi lagi antara Pemerintah daerah maupun Propinsi dan Pemerintah Pusat  di dalam menata aset wisata seperti ini, karena akan memberikan dampak yang luar biasa bagi Pariwisata Sanggau khususnya dan Kalbar Umumnya,” ujar Adi, peminat wisata alam kepada Kalimantan Pers, Sabtu (26/03).

Diceritakannya, air panas alami di sipant lotup ini beberapa tingkatan, yang pertama di sumber utama sumur tersebut suhunya bisa mencapai 100 derajat celsius, biasa digunakan merebus telur sampai matang, sedangkan di ilirnya bisa mencapat 30 sampai 40 derajat Celcius (panas-panas kuku)  sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan, terutama bagi yang menderita penyakit kulit dan rematik dengan di basuh atau mandi dengan air panas yang berbau belerang menyengat bisa menyembuhkan. (aas)

Anda sedang membaca Wow ! Tak Ada Gunung Berapi, Kalbar Punya Sumber Air Panas Bumi yang di kutip dari : kalimantanpers
Kunjungi sumber : Wow ! Tak Ada Gunung Berapi, Kalbar Punya Sumber Air Panas Bumi

adminHeadline
Wow ! Tak Ada Gunung Berapi, Kalbar Punya Sumber Air Panas Bumi SANGGAU – KPERS, Barangkali ini satu-satunya sumber air panas bumi alami yang ada di Kalimantan Barat, bersyukurlah Kalbar mempunyai suatu panorama yang sangat langka ini. Lokasinya berbentuk kolam ini diperkirakan ada hubungannya dengan gunung Bengkawan gunung berapi yang...
Info Seputar Teknologi