Rusminto, Seniman Pemahat Binatang Kayu Dari Semanggis Raya

SANGGAU – KPERS, Seni memahat adalah seni yang sangat sulit jika dilakukan oleh orang yang tidak tahu seni. Selain itu seni pahat seperti pahat batu dan kayu hanya dimiliki oleh orang orang tertentu yang memiliki jiwa seni tinggi yang saat ini sulit untuk ditemui terlebih di Kalimantan Barat.

Salah satu diantaranya adalah Rusminto, warga desa Semanggis Raya Kecamatan Mukok Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat ini memiliki keterampilan memahat kayu yang kemudian dibentuk menyerupai berbagai macam binatang seperti sapi, rusa dan binatang berkaki empat lainnya.

Ditemui Kalimantan Pers dikediamannya, Rusminto menjelaskan, pada dasarnya semua kayu bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan aneka pahatan. Akan tetapi, diakuinya, ia masih memilih jenis kayu yang menurutnya lebih gampang untuk dipahat.

“Kalau untuk bahan baku tidak sulit. Karena semua kayu bisa terutama tunggul yang tidak lagi dipakai. Tapi saya juga masih pilih dan lihat jenis kayunya karena mempengaruhi kesulitannya,” paparnya.

Hasil dari pahatan itu, ia jual ke beberapa kolektor yang menyukai pahatannya. Sementara harganya juga terjangkau. “Saya tidak menjualnya terlalu mahal. Biasanya yang mau beli itu kolektor atau peminat seni. Kebanyakan juga untuk oleh oleh,” ungkapnya, Sabtu (26/03).

Selain menjadi hobi dan terus memahat kayu yang tidak terpakai, Rusminto juga menerima pesanan. “Saya juga menerima pesanan. Kadang pemesan menginginkan binatang lain atau binatang yang ada yang kemudian ditambahkan asesoris,” katanya.

Kedepan, masih kata Rus sapaannya, ia akan membuatkan gudang koleksi buatannya yang khusus untuk dijual sekaligus mempromosikan keberadaan desa Semanggis Raya. “Saya jual dan buka di desa saja. Jika ada pemesan dari luar kota bisa langsung datang kesini,” tukasnya.

Ditambahkannya lagi, dirinya juga berencana untuk menjualnya secara online baik melalui website ataupun melalui media sosial facebook, twitter dan instagram. “Saat ini sudah jaman teknologi bang. Kita manfaatkan juga lah penjualan secara online. Jadi lebih luas hasil jualnya,” yakinnya.

Pantauan Kalimantan Pers, hasil dari pahatan jemari Rusminto, setelah selesai dan finishing, mirip dan 99 persen menyerupai binatang aslinya. Sungguh luar biasa. (DN)

Anda sedang membaca Rusminto, Seniman Pemahat Binatang Kayu Dari Semanggis Raya yang di kutip dari : kalimantanpers
Kunjungi sumber : Rusminto, Seniman Pemahat Binatang Kayu Dari Semanggis Raya

adminHeadline
Rusminto, Seniman Pemahat Binatang Kayu Dari Semanggis Raya SANGGAU – KPERS, Seni memahat adalah seni yang sangat sulit jika dilakukan oleh orang yang tidak tahu seni. Selain itu seni pahat seperti pahat batu dan kayu hanya dimiliki oleh orang orang tertentu yang memiliki jiwa seni tinggi yang saat ini sulit...
Info Seputar Teknologi