IBM Daftarkan Paten Pendeteksi “Pengemudi Bodoh”

Mobil otonom atau mobil tanpa pengemudi (autonomous/driverless cars) diramalkan akan segera menjadi trend teknologi transportasi di seluruh dunia pada lima tahun mendatang. Beberapa produsen mobil ternama seperti Nissan, Toyota, VW, Audi, BMW, Ford dan juga perusahaan teknologi Google telah memulai mengembangkan teknologi ini agar dapat segera diterapkan dan dipasarkan.

Walaupun pengembangan sudah sangat gencar, mobil otonom masih belum bisa beroperasi secara penuh dan bebas di seluruh dunia. Uji coba di beberapa negara hanya diperbolehkan di jalan-jalan daerah tertentu yang relatif rendah populasi kendaraannya.

Ketika beroperasi di jalan, sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang mengendalikan mobil otonom mengandalkan sensor-sensor dan radar untuk ‘mempelajari’ kondisi jalan, lalu lintas, serta perilaku kendaraan dan pengguna jalan lainnya. Masalah bagi sistem mobil otonom adalah ketika beroperasi di sekitar kendaraan dengan pengemudi yang ugal-ugalan atau bodoh, karena manuvernya akan lebih sulit untuk diprediksi dan dapat membahayakan.

Demi mengatasi masalah tersebut, perusahaan teknologi komputasi IBM telah mendaftarkan patent untuk sistem pendeteksi “pengemudi bodoh” yang akan berfungsi sebagai pelengkap sistem mobil otonom untuk mengurangi resiko ‘berinteraksi’ dengan kendaraan beresiko. Dilansir oleh situs Patent Yogi, sistem ini dibutuhkan untuk masa peralihan di mana mobil berpengemudi dan mobil otonom beroperasi berbagi jalan yang sama.

Sistem ini berfungsi mendeteksi kendaraan berpengemudi yang beresiko, kemudian mengantisipasinya dengan menjaga jarak dengan kendaraan beresiko tersebut. Sistem ini juga langsung menginformasikan kepada server yang kemudian meneruskan kepada mobil-mobil otonom lainnya untuk segera secara otomatis menghindari  mobil beresiko tersebut.

Terbayangkah oleh anda ketika jalanan kita dipenuhi oleh mobil-mobil otonom? [ps]

Anda sedang membaca IBM Daftarkan Paten Pendeteksi “Pengemudi Bodoh” yang di kutip dari : indonesiatimur

adminHeadline
IBM Daftarkan Paten Pendeteksi “Pengemudi Bodoh” Mobil otonom atau mobil tanpa pengemudi (autonomous/driverless cars) diramalkan akan segera menjadi trend teknologi transportasi di seluruh dunia pada lima tahun mendatang. Beberapa produsen mobil ternama seperti Nissan, Toyota, VW, Audi, BMW, Ford dan juga perusahaan teknologi Google telah memulai mengembangkan teknologi ini agar dapat segera...
Info Seputar Teknologi