Forum Diskusi Wartawan Dan LSM Luwu Timur Boom Waktu Rekruitmen Perangkat Desa

Luwu Timur-LibasNews.

Dewasa ini di beberapa Kabupaten / Kota sementara melaksanakan kegiatan pembangunan di semua bidang. Termasuk yang lagi menjadi buah bibir masyarakat tentang Rekruitment perangktat Desa.

Perangkat Desa yang selanjutnya di sebut  Sekretaris Desa, pelaksana kewilayahan, serta pelaksana teknis. Yang kemudian pirantinya diatur dalam UU No. 6 tahun 2014 Tentang Desa,. PP No 43 tahun 2014 Tentang Desa , Permendagri No 83 Tentang pengangkatan  dan pemberhentian perangkat Desa, Peraturan Daerah No 3 Tahun 2015 Tentang Desa. Dengan seabrek Payung Hukum secara Holistik Implementasi dari Recruitment Perangkat Desa, berpedoman pada peratuaran Bupati No. 10 Tahun 2016 Tentang pengangkatan dan  pemberhentian perangkat Desa . Hal tersebut diatas sementara berlangsung di Kabupaten Luwu -Timur.

Forum diskusi wartawan dan lsm luwu timur (FDWL)  memberi catatan buat yang berkepentingan, Betapa tidak., terlepas dari soal persyaratan administrasi calon Perangkat Desa yang seabrek dari  A – Z. Betapa di katakan lebih cermat dan teliti atau lebih hebat dari penerimaan calon Prajurit bela Negara  (TNI/POLRI). Dari informasi yang di dapat Tim media, praktek penjaringan dan penyaringan yang sementara berjalan, dilakukan oleh Tim seleksi yang kemudian  di laksanakan dengan beragam cara.

Dari beberapa Desa hasil pantauan awak media, bahwa tim seleksi wajib  melakukan penjaringan sebagai mana peraturan Bupati Luwu-Timur No 10 Tahun 2016 Tentang pengangkatan dan permberhentian perangkat Desa pasal 1 ayat 19.

Konsepsi penjaringan adalah memberi  informasi/ mensosialisasikan seluas-luasnya di wilayah kerjanya. Dengan memperhatikan aspek etika serta estetika. Menegaskan, menghindari unsur Kolusi, Nepotisme atau dengan sebutan lain. Menyadari pameo di atas, hendaklah yang berwenang atau yang bertanggung jawab akan persoalan tersebut perlu pertimbangan. Tim seleksi masing-masing Desa butuh adanya bimbingan khusus agar dalam mengejawatan Peraturan Bupati (PERBUB) tidak salah kaprah. Masih adanya tim seleksi yang belum paham tupoksinya. Ini sangat rawan jika hal ini dibiarkan, selanjutnya dapat  menimbulkan kesenjangan sosial di Kabupaten yang kita cintai ini.

Jangan biarkan persoalan ini tercabik-cabik oleh Boom Waktu akibat kesalahan aplikasi dari regulasi. Akan tetapi momentum ini kita jadikan cambuk introspeksi, untuk membuat perubahan, mengawali pemerintahan Desa yang bersih, transparan, bebas KKN, Menuju luwu timur lebih baik yang Terkemuka. (Rusman)

Anda sedang membaca Forum Diskusi Wartawan Dan LSM Luwu Timur Boom Waktu Rekruitmen Perangkat Desa yang di kutip dari : tindnews

adminHeadline
Forum Diskusi Wartawan Dan LSM Luwu Timur Boom Waktu Rekruitmen Perangkat Desa Luwu Timur-LibasNews. Dewasa ini di beberapa Kabupaten / Kota sementara melaksanakan kegiatan pembangunan di semua bidang. Termasuk yang lagi menjadi buah bibir masyarakat tentang Rekruitment perangktat Desa. Perangkat Desa yang selanjutnya di sebut  Sekretaris Desa, pelaksana kewilayahan, serta pelaksana teknis....
Info Seputar Teknologi