ECB Siap Beli Obligasi Italia

Metrotvnews.com, Frankfurt: Bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) siap untuk melangkah sementara dalam meningkatkan pembelian obligasi Pemerintah Italia jika hasil referendum menaikkan tajam biaya pinjaman untuk debitur terbesar zona euro.

Utang Pemerintah Italia dan saham bank telah bergerak menjelang 4 Desember terkait referendum perubahan konstitusi karena risiko kekacauan politik. Jajak pendapat menunjukkan kata 'Tidak' sedang menuju kemenangan, yang bisa memaksa keluar Perdana Menteri Italia Matteo Renzi di pergolakan terbaru.

Mengutip Reuters, Kamis 1 Desember, ECB bisa menggunakan dana program pembelian obligasi bulanan sebesar 80 miliar euro untuk melawan langsung hal tersebut, lonjakan lebih lanjut dalam imbal hasil obligasi setelah pemungutan suara didukung oleh pergerakan pasar. Hal itu seperti dinyatakan empat bank sentral zona euro yang meminta tidak disebutkan namanya.

Baca: Reaksi Pasar Atas Kemenangan Trump Perlu Diredam

Persiapan menunjukkan meski reformasi Italia diusulkan -seperti mengurangi kekuasaan majelis tinggi parlemen- tidak ada hubungannya dengan utang atau kebijakan ekonomi. Namun demikian, tetap harus ada pembahasan secara mendalam agar segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik.

Baca: Kebijakan Pelonggaran Moneter ECB Diklaim Sudah Sesuai

Sumber tersebut mengatakan skema pembelian obligasi ECB sudah cukup fleksibel untuk memungkinkan peningkatan sementara pembelian Italia, yang akan melakukan pertemuan pada 8 Desember untuk memutuskan apakah akan terus membeli obligasi setelah Maret.

Tapi mereka menekankan ini akan terbatas untuk melawan setiap volatilitas pasar, karena program pembelian aset dirancang untuk menopang inflasi dan pertumbuhan ekonomi di seluruh zona euro dan tidak dimaksudkan untuk melawan krisis di masing-masing negara.

 
Anda sedang membaca ECB Siap Beli Obligasi Italia yang di kutip dari : metrotvnews.com
Kunjungi sumber : ECB Siap Beli Obligasi Italia

adminMetroNews
ECB Siap Beli Obligasi Italia Metrotvnews.com, Frankfurt: Bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) siap untuk melangkah sementara dalam meningkatkan pembelian obligasi Pemerintah Italia jika hasil referendum menaikkan tajam biaya pinjaman untuk debitur terbesar zona euro. Utang Pemerintah Italia dan saham bank telah bergerak menjelang 4 Desember terkait referendum perubahan...
Info Seputar Teknologi