Brigjen Teddy Divonis Penjara Seumur Hidup

Metrotvnews.com, Jakarta: Majelis Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta menjatuhkan vonis penjara seumur hidup kepada mantan Direktur Keuangan Mabes TNI-AD Brigadir Jenderal Teddy Hernayadi. Majelis hakim menyatakan Teddy terbukti bersalah dalam kasus korupsi pengadaan alutsista sebesar US$12,4 juta saat menjabat Kepala Bidang Pelaksanaan Pembiayaan Kementerian Pertahanan periode 2010-2014 dengan pangkat kolonel.

"Menjatuhkan pidana penjara seumur hidup," kata Ketua Majelis Hakim Brigjen Deddy Suryanto dalam persidangan yang didampingi dua hakim anggota, Brigjen Hulwani dan Brigjen Weni Okianto kemarin.

Sebelumnya, oditur militer Brigjen Rachmad Suhartoyo mengajukan tuntutan 12 tahun penjara. Vonis Teddy ini merupakan vonis terberat yang dijatuhkan kepada perwira tinggi aktif dalam kasus korupsi.

Di kalangan sipil, sudah ada dua yang divonis hukuman seumur hidup, yaitu pembobol BNI Kebayoran Baru senilai Rp1,2 trilun Adrian Waworuntu dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar terkait kasus jual beli perkara putusan pilkada.

Selain vonis seumur hidup, hakim juga memutuskan untuk menyita aset milik terdakwa, seperti sebuah Toyota Prado, Toyota Camry, dua unit jetski, tanah seluas 8.000 m2 di Ciwidey, Bandung, satu motor Ducati Monster, satu motor Honda CBR 250, sebuah town house di Bandung, serta sejumlah uang tunai dalam bentuk rupiah dan dolar AS.

Majelis hakim juga mewajibkan Teddy mengganti kerugian negara senilai uang yang telah diselewengkan. Terkait putusan ini, Teddy menyatakan masih mempertimbangkan upaya banding.

Indonesia Corruption Watch (ICW) mengapresiasi putusan terhadap Brigjen Teddy.

Vonis ini merupakan angin segar yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya dalam pemberantasan korupsi di dunia militer.

"Ini putusan yang mengejutkan sekaligus langka mengingat belum pernah ada dalam sejarah peradilan militer dalam menindak kejahatan korupsi. Putusan itu bisa dianggap sebagai spirit baru dalam pemberantasan korupsi jika dilakukan secara konsisten," papar Koordinator ICW Adnan Topan Husodo saat dihubungi, tadi malam.

"Semoga ini bisa memberikan efek jera bagi para tentara yang korup dan memberikan terapi kejut bagi mereka yang ingin korupsi," ujar peneliti senior ICW Emerson Yuntho dalam kesempatan terpisah.
Anda sedang membaca Brigjen Teddy Divonis Penjara Seumur Hidup yang di kutip dari : metrotvnews.com
Kunjungi sumber : Brigjen Teddy Divonis Penjara Seumur Hidup

adminMetroNews
Brigjen Teddy Divonis Penjara Seumur Hidup Metrotvnews.com, Jakarta: Majelis Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta menjatuhkan vonis penjara seumur hidup kepada mantan Direktur Keuangan Mabes TNI-AD Brigadir Jenderal Teddy Hernayadi. Majelis hakim menyatakan Teddy terbukti bersalah dalam kasus korupsi pengadaan alutsista sebesar US$12,4 juta saat menjabat Kepala Bidang Pelaksanaan Pembiayaan Kementerian...
Info Seputar Teknologi